Banner Leaderboard
Headlines News :
Home » , » Korupsi Alkes : Pengusaha Pemenang Pernah Temuai Menkes

Korupsi Alkes : Pengusaha Pemenang Pernah Temuai Menkes

Written By Amir Sodikin on Jumat, 05 Juli 2013 | 01.08


Sidang perkara dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan dan perbekalan dalam rangka wabah flu burung tahun anggaran 2006 di Departemen Kesehatan, mengungkapkan bahwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari memang pernah bertemu dengan pengusaha yang ditunjuk mengerjakan proyek.

Dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dengan terdakwa Ratna Dewi Umar, Direktur Bina Pelayanan Medik Dasar Departemen Kesehatan, pada Kamis (4/7), saksi Lili Sriwahyuni Sulistiawati membenarkan adanya pertemuan antara pengusaha yang ditunjuk mengerjakan proyek yaitu Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo dengan Siti Fadilah Supari.

Lili adalah Kepala Pusat Komunikasi Publik dan Kepala Tata Usaha Kementerian Kesehatan 2006-2007. Namun, Lili tak tahu menahu dalam rangka apa pertemuan tersebut. Bambang waktu itu datang sendiri menemui Siti. "Saya lupa bertemu berapa kali, seingat saya satu kali," kata Lili

Proyek itu sejak awal memang dirancang agar pelaksanaanya dilakukan penunjukan langsung. Penunjukan langsung diduga merupakan rekomendasi dari Siti Fadilah Supari waktu itu, yang kemudian diteruskan ke terdakwa Ratna Dewi Umar yang menjadi Kuasa Pengguna Anggaran merangkap Pejabat Pembuat Komitmen.

Namun, penunjukan langsung ini setengah hati karena saat bersamaan dilakukan pula proses pengadaan barang dan jasa yang dilakukan panitia. Hanya saja, perusahaan lain yang ikut, yang bukan calon pemenang, dianggap sebagai pendamping.

Masalahnya, setelah proyek dimenangkan PT Rajawali Nusindo, kemudian pelaksanaannya dikerjakan perusahaan lain yaitu PT Prasasti Mitra. PT Prasasti Mitra kemudian mengalihkan pengadaan alat kesehatan ke beberapa agen tunggal penyedia barang.

Ratna dianggap melakukan korupsi bersama mantan Menkes Siti Fadilah Supari, bos PT Prasasti Mitra Bambang Rudjianto Tanoesoedibjo, Direktur PT Prasasti Mitra Sutikno, Singgih Wibisono, Freddy Lumban Tobing, dan Tatat Rahmita Utami.

Namun, Bambang Rudijianto yang pernah dihadirkan sebagai saksi sebelumnya, membantah keterlibatannya dalam proyek alat kesehatan tersebut. Bambang mengatakan tak pernah mengenal atau bertemu dengan terdakwa maupun dengan Siti Fadilah. (AMR)

Share this post :

Posting Komentar

 
Sister Website : OWH | Amir Sodikin | Complain
Copyright © 2011. AmirSodikin.COM: Viewtiful My Indonesia - All Rights Reserved