Korupsi Alkes : Pengusaha Pemenang Pernah Temuai Menkes

Sidang perkara dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan dan perbekalan dalam rangka wabah flu burung tahun anggaran 2006 di Departemen Kesehatan, mengungkapkan bahwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari memang pernah bertemu dengan pengusaha yang ditunjuk mengerjakan proyek.

Dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dengan terdakwa Ratna Dewi Umar, Direktur Bina Pelayanan Medik Dasar Departemen Kesehatan, pada Kamis (4/7), saksi Lili Sriwahyuni Sulistiawati membenarkan adanya pertemuan antara pengusaha yang ditunjuk mengerjakan proyek yaitu Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo dengan Siti Fadilah Supari.

Lili adalah Kepala Pusat Komunikasi Publik dan Kepala Tata Usaha Kementerian Kesehatan 2006-2007. Namun, Lili tak tahu menahu dalam rangka apa pertemuan tersebut. Bambang waktu itu datang sendiri menemui Siti. “Saya lupa bertemu berapa kali, seingat saya satu kali,” kata Lili

Proyek itu sejak awal memang dirancang agar pelaksanaanya dilakukan penunjukan langsung. Penunjukan langsung diduga merupakan rekomendasi dari Siti Fadilah Supari waktu itu, yang kemudian diteruskan ke terdakwa Ratna Dewi Umar yang menjadi Kuasa Pengguna Anggaran merangkap Pejabat Pembuat Komitmen.

Related Post

Namun, penunjukan langsung ini setengah hati karena saat bersamaan dilakukan pula proses pengadaan barang dan jasa yang dilakukan panitia. Hanya saja, perusahaan lain yang ikut, yang bukan calon pemenang, dianggap sebagai pendamping.

Masalahnya, setelah proyek dimenangkan PT Rajawali Nusindo, kemudian pelaksanaannya dikerjakan perusahaan lain yaitu PT Prasasti Mitra. PT Prasasti Mitra kemudian mengalihkan pengadaan alat kesehatan ke beberapa agen tunggal penyedia barang.

Ratna dianggap melakukan korupsi bersama mantan Menkes Siti Fadilah Supari, bos PT Prasasti Mitra Bambang Rudjianto Tanoesoedibjo, Direktur PT Prasasti Mitra Sutikno, Singgih Wibisono, Freddy Lumban Tobing, dan Tatat Rahmita Utami.

Namun, Bambang Rudijianto yang pernah dihadirkan sebagai saksi sebelumnya, membantah keterlibatannya dalam proyek alat kesehatan tersebut. Bambang mengatakan tak pernah mengenal atau bertemu dengan terdakwa maupun dengan Siti Fadilah. (AMR)

Leave a Comment
Tags: AlkesKorupsi

Recent Posts

Ketika Selebritas Berkampanye di Media Sosial

Hingga Kamis (3/7) malam, di media sosial terutama Twitter, terus diwarnai adu kencang beberapa tagar… Read More

7 years ago

I Stand on The Right Side: Perang Senyap Pita Dukungan Capres

Hingga Minggu (8/6) siang pukul 12.00, pita kampanye “I Stand on The Right Side” meroket… Read More

7 years ago

KPU Sebenarnya Siap dengan Pemilu Serentak 2014

Walaupun akan merepotkan, Komisi Pemilihan Umum sudah mengantisipasi putusan MK jika menginginkan pemilu serentak pada… Read More

8 years ago

Jokowi Pengaruhi Angka Ambang Batas Parlemen

Figur Joko Widodo atau Jokowi dalam konstelasi politik Indonesia masih dominan dan bisa mempengaruhi iklim… Read More

8 years ago

Bawaslu Rilis Peta Potensi Kerawanan

Badan Pengawas Pemilu merilis peta kerawanan Pemilu 2014 untuk 510 kabupaten/kota di Indonesia. Peta itu… Read More

8 years ago

Strict Standards: Non-static method JLoader::import() should not be called statically in…

Masih pada joomla 1.5 yang dipasang di server dengan upgrade server ke php terkini, halamannya… Read More

8 years ago