Ombudsman: Ada Maladministrasi di Lapas Tanjung Gusta

Ombudsman RI di Jakarta pada Rabu (17/7) merilis hasil investigasi kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan. Ombudsman berkesimpulan telah terjadi dugaan maladministrasi yang dilakukan Kepala Lapas Tanjung Gusta Medan. Kepala Lapas telah abai dalam kewajibannya, lalai, dan tidak profesional dalam mengantisipasi kerusuhan.

Hal itu tertuang dalam laporan investigasi Lapas Tanjung Gusta yang dilakukan Ombudsman Pusat dengan Ombudsman Perwakilan Sumatera. “Tidak bertindak cepat, tidak mengantisipasi keadaan yang dalam suasana Ramadhan, yang pada saat itu sangat membutuhkan air dan penerangan bagi warga binaan,” kata Hendra Nurtjahjo, anggota Ombudsman.

Kelalaian Kepala Lapas juga diindikasikan dari ketidaksigapannya dalam melaporkan padamnya listrik ke PLN. Tak hanya itu, Ombusman juga menengarai lalainya pihak PLN yang mengarah terjadinya maladministrasi yang dilakukan Manajer Rayon PT PLN Persero Medan Helvetia.

Related Post

Ombudsman menganggap manajemen PLN tidak melakukan tindakan optimal untuk pemulihan keadaan terhadap kerusakan kabel sekunder dan kebakaran travo listrik di Lapas Tanjung Gusta. “Tindakan antisipasi oleh manajer rayon tidak memadai sehingga menyebabkan situasi di Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan tidak terkendali,” papar Dedy Irsan, Plt Kepala Perwakilan Ombudsman Sumatera Utara.

Karena itu, Ombudsman akan mengeluarkan rekomendasi yang berisi sanksi untuk pemberhentian Kalapas Klas I Tanjung Gusta Medan dan Manajer Rayon PT. PLN Persero Medan Helvetia. “Hal ini sebagai sanksi administratif sesuai UU No.37 Tahun 2008 tentang Ombudsman RI dan UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” papar Hendra Nurtjahjo, anggota Ombudsman RI. (AMR)

Leave a Comment
Tags: Ombudsman

Recent Posts

Ketika Selebritas Berkampanye di Media Sosial

Hingga Kamis (3/7) malam, di media sosial terutama Twitter, terus diwarnai adu kencang beberapa tagar… Read More

7 years ago

I Stand on The Right Side: Perang Senyap Pita Dukungan Capres

Hingga Minggu (8/6) siang pukul 12.00, pita kampanye “I Stand on The Right Side” meroket… Read More

7 years ago

KPU Sebenarnya Siap dengan Pemilu Serentak 2014

Walaupun akan merepotkan, Komisi Pemilihan Umum sudah mengantisipasi putusan MK jika menginginkan pemilu serentak pada… Read More

7 years ago

Jokowi Pengaruhi Angka Ambang Batas Parlemen

Figur Joko Widodo atau Jokowi dalam konstelasi politik Indonesia masih dominan dan bisa mempengaruhi iklim… Read More

7 years ago

Bawaslu Rilis Peta Potensi Kerawanan

Badan Pengawas Pemilu merilis peta kerawanan Pemilu 2014 untuk 510 kabupaten/kota di Indonesia. Peta itu… Read More

7 years ago

Strict Standards: Non-static method JLoader::import() should not be called statically in…

Masih pada joomla 1.5 yang dipasang di server dengan upgrade server ke php terkini, halamannya… Read More

7 years ago